Senin, 11 Maret 2013

PLAY, PAUSE, STOP SUARA (Flash)


Tutorial berikut ini digunakan sebagai pelengkap tutorial Pause dan Play Suara. Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghentikan suara yang sedang dimainkan. Sebenarnya pada scriptPause dan Play Suara sudah ada. Tapi karena digunakan dalam tombol pause, mungkin ada yang belum tahu.
Untuk menghentikan suara kita cukup menuliskan stop() pada variable yang menampung suara yang sedang dimainkan. Misalnya : suara ditampung pada variable Musicz, maka untuk menghentikannya kita menuliskanMusicz.stop()
Untuk contoh lainnya, kita akan menggabungkannya dengan tutorial Pause dan Play Suara :
1. Bukalah fla dari source Pause dan Play Suara.
2. Buatlah sebuah objek seperti gambar dibawah ini :
3. Seleksi objek tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukan stop_btn sebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok.
4. Letakan seluruh objek di stage menjadi seperti ini :
5. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul ubah seluruh scriptnya menjadi seperti ini :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
//membuat variable bernama Pause dengan nilai false
Pause = false;
//membuat variable bernama Stop dengan nilai false
Stop = false;
//membuat fungsi bernama mainkanMusik
function mainkanMusik() {
 //membuat variable musik sebagai sound object
 musik = new Sound();
 //masukkan suara berlinkage bgm dari panel library ke dalam variable musik
 musik.attachSound("bgm");
 //mainkan suara di dalam variable musik sebanyak 999 kali
 musik.start(0,999);
}
//jika tombol pause_btn ditekan
pause_btn.onPress = function() {
 //membuat variable posisi dengan nilai pembualatan ke bawah dari posisi terakhir suara pada variable musik yang dibagi 1000
 posisi = Math.floor(musik.position/1000);
 //hentikan suara pada variable musik
 musik.stop();
 //ubah nilai variable Pause menjadi true
 Pause = true;
};
//jika tombol play_btn ditekan
play_btn.onPress = function() {
 //jika variable Stop bernilai true
 if (Stop) {
  //mainkan suara di dalam variable musik sebanyak 999 kali
  musik.start(0,1);
  //ubah nilai variable Pause menjadi false
  Pause = false;
  //ubah nilai variable Stop menjadi true false
  Stop = false;
 }
 //jika variable Pause bernilai true dan variable Stop bernilai false
 if (Pause && !Stop) {
  //mainkan suara di dalam variable musik sesuai nilai variable posisi sebanyak 1 kali
  musik.start(posisi,1);
  //ubah nilai variable Pause menjadi false
  Pause = false;
 }
 //jika suara di dalam variable musik selesai dimainkan
 musik.onSoundComplete = function() {
  //jalankan fungsi mainkanMusik
  mainkanMusik();
 };
};
//jika tombol stop_btn ditekan
stop_btn.onPress = function() {
 //ubah nilai variable Stop menjadi true
 Stop = true;
 //hentikan suara pada variable musik
 musik.stop();
};
//menjalankan fungsi mainkanMusik ketika swf pertama kali dijalankan
mainkanMusik();
6. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
7. Selain menggunakan stop(), kita juga bisa menggunakan stopAllSounds() untuk menghentikan suara. Bedanya, stop() hanya menghentikan 1 suara sedangkan stopAllSounds() akan menghentikan seluruh suara yang ada. Silahkan anda pilih sesuai kebutuhan.
Sourcenya dapat di download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar